Pemrograman Database Sederhana dengan Java Applet

Pemrograman Java sekarang sudah banyak dipakai orang di seluruh dunia. Lebih dari 3.5 billion orang programmer menggunakan Java dalam menyelesaikan aplikasi yang dibuatnya (Rogers Cadenhead and Lure Lemay). Java merupakan bahasa standart yang diajarkan pada berbagai perguruan tinggi komputer di dunia. Pemrograman Java digunakan untuk membuat semua jenis aplikasi, dari aplikasi untuk PC, Mobile, aplikasi web. Aplikasi web yang digunakan dalam Java, adalah Java Applet.

Sejarah Java

Tahun 1991, sekelompok insinyur Sun dengan nama proyek Green dipimpin oleh Patric Naughton danJames Glosingakan ingin merancang bahasa computer untuk perangkat konsumer seperti cable Tv Box. Perangkat ini mempunyai spesifikasi tidak banyak memori, sehingga membutuhkan bahasa yang berukuran kecil dan liat. Perangkat ini juga memiliki manufaktur-manufaktur berbeda memilih prosesor juga berbeda, maka bahasa yang digunakan juga berbeda, maka bahasa ini harus bebas dari manufaktur manapun.

Kebutuhan untuk fleksibilitas, kecil, liat dan kode yang netral terhadap platform mengantar team untuk mempelajari implementasi pascal yang pernah dicoba. Karena kebanyakan programmer di proyek Green menggunakan C++, maka bahasa yang diciptakan lebih mirip ke C++, yaitu mengadopsi orientasi obyek bukan prosedural. Program yang dicipta kemudian dinamai OAK. Namun karena nama tersebut sudah ada sebelumnya, maka diganti dengan JAVA, yang terinspirasi dari nama asal kopi yang mereka minum.

Pemrograman Database Sederhana dengan Java Applet

Langkah pertama buat database dengan menggunakan Microsoft Access, misal Trisno.mdb, kemudian buat tabel dengan nama Tbl_Barang dengan field kd_barang, Nama_Barang, Satuan dan harga. Isi field tersebut dengan B001, CD Blank Rooter, Biji, 1500. Langkah selanjutnya buat ODBC Java, yang nantinya akan menghubungkan antara database dengan java, buat dengan Triswlaharwtn.

Selanjutnya Pemrograman ini terbagi menjadi 4 bagian dan silakan ikuti langkah2nya :
1. Pemrograman menambah data
2. Melihat data
3. Edit data
4. Hapus Data

Contoh diatas semoga menjadikan tambahan pengetahuan anda semua, terima kasih.


4 Balasan ke Pemrograman Database Sederhana dengan Java Applet

  1. kaito724 mengatakan:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/software/pemrograman_database_sederhana_dengan_java_applet/

  2. starvack mengatakan:

    bagus contoh contoh programnya untuk dasar basis data dengan java .kalau bisa untuk java yang tidak berbasis web sekalian itu lo yang buat desktop j2se apa ya .. jadi gak berbsis web saja..biar makin siip

  3. SGK mengatakan:

    nice article

  4. molly mengatakan:

    ada source code konek database ke access 2003 dengan applet dengan lengkap dan sederhana saja, methodnya cuma lihat data dan tampilkan ke paint() milik applet, karna uda aku coba tapi tidak berhasil entah knapa, aku jadi frustasi, thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: